Kamis, 06 Februari 2014

7 Cara Mengatasi Galau

7 cara mengatasi galau
7 cara mengatasi galau


7 Cara Mengatasi Galau. Putus cinta! Adalah penyebab munculnya sebuah gejala yang sering dirasakan pada malam hari. Diderita para anak muda. Dan penderitanya akan merasa sedih, gundah, dan ada yang sampai mengurai air matanya. Terlebih saat mendengar musik-musik galau, yakin deh gejala ini bakal semakin menjadi-jadi. Gejala itu sering disebut dengan nama GALAU.

Satu kata lima huruf,yang sering dirasakan ini emang ga enak banget. Aku sendiri juga pernah yang merasakan yang namanya galau karena putus cinta. Tapi kalau galau terus menerus kan juga ga asik yah! Jadi aku berusaha mengatasi galau dari putus cinta dengan beberapa cara seperti:

1. Berpikir Positif
Sama seperti yang aku ungkapkan dalam postingan ku sebelumnya yang berjudul "ubah semua jadi postif". Kenapa sama? males mikir yah? nggak! tapi karena memang bagiku hal pertama yang membuat hati mu menjadi tenang adalah berpikir secara positif. Jauhkan segala pikiran buruk dan ingatan tentang dia yang telah meninggalkan mu.
Mungkin ini ga semudah yang diucapkan. Aku juga tau yang namanya lagi galau yang membuatmu menjadi berantakan dan pikiran jadi kacau. Tapi cobalah untuk menghela nafas panjang, tapi jangan kepanjangan juga nanti kamu ga bisa nafas! lalu hembuskan perlahan. Lalu berpikir bahwa semua akan baik-baik saja. Dan yakinkan diri kamu tanpa sosok dia kamu akan tetap hidup bahagia.

2. Berdoa
Kenapa berdoa? iya, sebagai umat yang lemah akan segala hal dan cobaan kamu harus sering-sering berdoa sama Tuhan. Minta segalanya sama Dia. Minta dihilangkan kesedihan dan rasa galaunya, minta dijauhkan dari ingatan tentang dia, dan minta jodoh lagi *eh. Tapi emang bener. Coba deh luangkan waktu mu itu untuk lebih lama bercerita dengan-Nya. Lebih banyak mencurahkan isi hati kamu ke Tuhan, karena kita semua tau kalau Tuhan pasti punya segala jawaban yang tak terjawab oleh manusia. Mungkin aja dia yang udah ninggalin kamu itu bukan yang terbaik untuk kamu. Dan mungkin aku yang terbaik buat kamu *loh

3. Perbanyak Kesibukan
Aku tau kalau kamu yang lagi galau, pasti males kan buat ngelakuin apapun. Lebih suka menyendiri dikamar dengan alunan lagu galau dan taburan masa lalu *duuh. Aku ga bilang salah sih, karena kadang dengan cara begitu ada beberapa orang yang berhasil merasa tenang dengan kesendiriannya, bahkan dulu aku juga selalu begitu. Selalu nggak mau diganggu, dan nggak mau berbicara dengan siapa pun. Lebay ya? iya sih dikit dulu huhu. Tapi sekarang aku sudah ngerti, kalau yang seperti itu ga selalu membantu ku membuat tenang. Tapi sama aja sendiri dan berkawan kesedihan yang akhirnya ku buat sendiri. Coba deh cari kesibukan apa aja yang positif. Yang bisa buat kamu lupa dengan rasa galau. Kesibukannya juga ga perlu yang ribet, cukup sesuai hobi kamu. Kalau yang suka olahraga ya perbanyak olahraga. Lumayan bisa bikin sehat dan siapa tau bisa dapat gebetan pas lagi olahraga *asiiikkk* atau mungkin yang ga suka keluar rumah bisa berkawan dengan laptop. Tapi kalau berkawan dengan laptop tolong jangan buka-buka memori yang sekiranya akan membuka ingatan masa lalu bersama dia yang udah meninggalkan mu. Karena akhirnya galau mu semakin menjadi-jadi. Kamu bisa main game yang bisa menghibur. Kalau aku sih biasa nonton film, atau online.Atau mungkin belajar hal baru, seperti belajar main gitar buat yang belum bisa main gitar. Itu bermanfaat banget loh!

4. Perbanyak Teman
Nah ini dia yang menurut aku yang perlu banget buat kamu yang abis putus sama pacar kamu. Perbanyak teman bisa mengurangi rasa galau mu dengan cepat. Cari temannya juga bisa dimana aja. Perbanyak teman dilingkungan kamu, atau teman di dunia maya juga gapapa ko itu sama aja.
Pengalaman pribadi ku, aku selalu berhasil mengusir rasa galau setelah melakukan banyak kesibukan dan memperbanyak teman. Karena teman bisa membuat kita tertawa bahagia dan lupa akan kenangan. Selain itu yang paling penting kemungkinan besar kamu bisa dapatin gebetan baru dan kalau emang jodoh bisa dapat pacar baru lagi haha.

5. Jauhin Musik Galau
Oke diperjelas lagi yah! musik galau atau lagu galau, atau lagu sedih dan kawan-kawannya itu jangan didengerin yah! Terlebih dalam lirik lagu itu ada hubungannya dengan cerita atau penyebab kamu galau, atau mungkin sama dengan cerita putusnya hubungan kamu dengan dia. Jangan! pokoknya jangan! serius pasti tambah galau! Karena ini udah terbukti di diriku sendiri saat aku dengerin lagu yang ada hubungannya dengan cerita aku dan dia. Itu air mata ga tau kenapa tiba-tiba bakal dengan cepet mengalir dipipi. Jadi jangan menikmati kesedihan dengan musik-musik galau itu ya! Mending dengerin lagu anak-anak sono siapa tau bisa bikin ketawa sendiri.

6. Jauhin Semua Barang yang Berhubungan dengan Dia.
Gimana mau hilang sedihnya, kalau barang-barang yang berhubungan dengan dia aja belum dijauhin. Kebanyakan emang disaat kita lagi berhubungan dengan seseorang. Kita punya barang-barang yang berhubungan dengan dia. Misalnya barang dari dia disaat kamu ulang tahun, di saat kalian Anniversary, atau mungkin sekedar tiket nonton bioskop kalian berdua yang masih kamu simpan. Nah untuk sedikit menghilangkan rasa galau akibat diputusin dia, coba deh jauhin dulu barang-barang itu. Walaupun ada yang bilang sama aku, kalau dia ga bisa tidur kalau ga peluk boneka yang dikasih sama dia. Tapi coba berpikir lebih bijak lagi deh. Kamu bakal bisa tidur ko kalau kamu memang ngantuk. Dibanding harus tidur bersama masa lalu. Tapi jangan dibuang atau dibakar yah barang-barangnya! itu ga boleh! itu sama aja membuang masa lalu. Masa lalu itu bukan untuk dibuang, tapi disimpan. Ingat!

7.Perbaiki Diri
Kenapa perbaiki diri aku buat di step terakhir, bukan di step pertama? Karena bagiku step perbaiki diri ini harus ada bantuan dan saran dari teman dan pasti diri kamu sendiri. Nah, kalau kamu sendirinya aja belum berpikir positif, belum memperbanyak teman dan kesibukan serta menjauhi segala tentangnya. Gimana mau memperbaiki diri? Jadi setelah semua kamu lakukan, kamu bisa instropeksi diri. Perbaiki kesalahan di masa lalu yang membuat kamu putus cinta dan gagal dalam hubungan bersama dia. Berubahlah untuk menjadi lebih baik lagi. Dan kamu siap mendapatkan pengganti dia yang tentu juga lebih baik.

Nah itu cara-cara yang sebenarnya memang aku lakuin sekarang. Aku yang menulis ini juga sedang berusaha mengalihkan segala tentang dia yang meninggalkan ku dengan memutuskan hubungan kita eh maap yak jadi curhat deh haha.
Tapi emang bener sekarang aku sedang berusaha terus berpikir positif, mencari kesibukan dengan ngeblog, main game, belajar bikin video stop motion, belajar main gitar, belajar ngedit poto, dan belajar yang lainnya deh pokoknya. Selain itu aku juga sedang memperbanyak teman baik didunia nyata, dan dunia maya, tapi maaf banget kalau aku ga mau cari temen di dunia gaib! belum siap bro! haha. Aku mencoba menjauhi musik galau dan barang-barang yang berhubungan dengan dia. Dan insya Allah sedang dalam proses memperbaikin diri sendiri. Aah udah ahh jadi kepanjangan deh curhatnya.

Semoga ada sedikit manfaat buat yang membaca dan untuk ku sendiri.

32 komentar:

  1. semuanya udah pernah gue lakuin :3

    BalasHapus
  2. Bener banget. Dari 7 poin itu pernah saya lakuin semua, tapi paling sering bikin kesibukan sendiri. Biarnya gak galau lagi hasilnya sukses, galaunya masih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. galaunya masih yah? tapi gapapa deh, seenggak sudah sukses dalam kesibukannya hehe

      Hapus
  3. semuanya balik ke diri sendiri, seberepa besar motivasi diri sendiri untuk move on. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener juga sih yah. makasih sarannya :D

      Hapus
  4. Musik boleh galau tapi hati jangan ikutan galau...
    aduh ini apa sih.

    Salam kenal yow :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhe bener tuh, tapi biasa sih hati suka terpengaruh sama apa yang didengar hhe.

      Salam kenal juga :)

      Hapus
  5. Kalau gue biasanya...masa bodo aja...pura2 tidak terjadi apa-apa, lalu cari kesibukan yang bermanfaat tentunya,hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus tuh kalau bisa merubah semua menjadi seperti tidak terjadi apa-apa. Kesibukan yang bermanfaat? nah itu bener banget deh hhe

      Hapus
  6. Semuanya pernah dilakuin dan itu berhasil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus tuh kalau bisa berhasil :) usahanya jadi ga sia-sia :D

      Hapus
  7. yah, smuanya udah pernah gue lakuin. nggak smudah sperti ucapannya sih, tapi memang hrus lakuin hal itu klo ga mau galau''an.

    gue juga sekrang lbih mikirin cita'' dan masa depan gue, ketimbang mkirin hal'' yg bkin galau. hadaahh... buang'' waktu. heheh

    salam kenal. perdana maen nih. anak JB jga sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang semuanya ga mudah. apalagi kalau dulu punya banyak kenangan. pasti semakin lama proses buat ngilangin galau nya.

      salam kenal juga :)
      aku juga udah mampir ke blog kamu ;)

      Hapus
  8. Balasan
    1. yah jumpa lagi haha.
      akhirnya nemu juga yah sama blog aku :)

      Hapus
  9. kalo gue pribadi sih biar gak galu biasanya taatin beribadah,ngaji atau nyibukin diri seperti main futsal dan ngeblog :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya bisa dengan cara kayak gtu. karna biasa kalau ngelakuin kesibukan yang sesuai sama hobi dan kesenengan bisa buat lupa sama masalah :))

      Hapus
  10. jika galau berlanjut hubungi dokter

    BalasHapus
  11. aku seringnya kalo galau ya perbanyak kesibukan.. ngeblog misalnya... eh emang dasar kebawa suasana ngeblog pun hasilnya malah tema galau -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang emang gitu. Karna apa yang kita tulis di blog kadang-kadang yah sebagian dari apa yang kita rasakan dan kita pikirkan.

      Hapus
  12. Biasanya yang paling sering dilakukan yang nomer 3. Kalo nomor 4 dan mereka punya pacar juga, agak susah. Huehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yang nomer 3 emang lumayan ampuh buat ngilangin rasa sepi, dan galau. Kalau yang nomer 4, cari temen yang jomblo deh hhe

      Hapus
  13. galau emang susah dihilangin, tapi bisa di kurangin, tanpa galau apa artinya senyuman, haseekkkk.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, rasa bahagia ga bakal bisa dirasakan tanpa ada rasa sedih hhe

      Hapus
  14. galau = putus asa = menjauhi rahmat Tuhan...
    pikir positif aja... dari kesdihn bisa jd kebhgiaan nnti.a
    yg lbh pnting sabr dlm kesdihn, ikhlas di saat kehilangan n bersyukur di saat menmukan yg lbh baik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah makanya diatasin galaunya biar ga jauh dari rahmat Tuhan. gitu maksudnya :))

      Hapus
  15. Nggak tau kenapa pas abis baca kok gue malah galau ya..

    BalasHapus